Welcome To The Land of Smiling People........



Rabu, 27 Juli 2011

Danau Linow, The Multi Colour Lake - Billy C.W Kalalo

Unik, mempesona dan teduh. Demikian kira-kira ungkapan yang tepat untuk menggambarkan suasana dan pemandangan di Danau Linow. Sebuah danau kecil yang terletak di Kota Tomohon.
Unik karena danau ini memiliki keistimewaan yang jarang didapatkan pada danau-danau manapun di dunia ini. Airnya mengandung belerang yang tinggi serta permukaannya memiliki tiga warna berbeda. Masing-masing jingga, hijau dan biru. Bahkan pada saat-saat tertentu permukaannya bisa menghasilkan dua belas warna, tergantung dari sudut pandang serta pencahayaannya.
Mempesona karena alamnya sangat indah. Dikelilingi oleh bukit dan gunung-gunung bersama pepohonannya yang hijau. Di sekitarnya, kawanan burung belibis bermain dengan tenangnya. Nuansanya semakin lengkap dengan keluarnya asap dari beberapa retakan tanah di pinggiran danau.
Teduh, karena udaranya yang dingin oleh tiupan angin lembah. Sesekali terdengar kicauan burung kecil dan besar yang melintasi permukaan danau. Sebuah harmoni alam yang sukar dicari tandingannya.
Mengunjungi Sulawesi Utara serasa belum lengkap bila belum pergi ke danau ini. Bagi yang ingin merawat kesehatan diri, tak jauh dari danau terdapat resort yang dilengkapi dengan fasilitas spa alami. Anda bisa berendam di air hangat yang mengandung belerang sepuas hati. Ini sangat baik terutama untuk kesehatan tulang serta mengobati rematik dan penyakit kulit.
Untuk berkunjung ke Danau Linow bukanlah hal yang terlalu sulit. Jaraknya hanya 32 kilometer dari Kota Manado dengan waktu tempuh 50 menit. Aroma belerang akan segera menyergap penciuman begitu kita tiba di tempat ini. Di danau ini pula hidup serangga endemik yang oleh penduduk setempat dinamakan "sayok" atau "komo". Serangga itu unik karena hidup di air tapi bersayap dan bisa terbang. Serangga itu menjadi konsumsi penduduk setempat. Konon rasanya gurih dan enak. Tapi kita tentu belum tahu rasanya bila belum mencobanya. Anda tertarik mencicipinya?